curug cibeureum gunung gede pangrango

Air Terjun / Curug Cibeureum ini adalah Air Terjun atau Curug yang menjadi favorit pengunjung kawasan Wisata Cibodas. Hal ini karena Curug Cibeureum memiliki ketinggian yang relatif tinggi dengan pemandangan indah disekitarnya. Selain itu letaknya yang berada di kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango merupakan daya tarik tersendiri karena pengunjung bisa menikmati hutan tropis selama perjalanan dengan aneka ragam keunikannya. Tak lengkap rasanya jika Anda camping di Mandalawangi Cibodas misalnya tapi tidak mengunjungi curug yang satu ini.

seru seruan curug cibeureum

Curug Cibeureum dan Keindahannya

Berikut adalah beberapa hal menarik yang bisa Anda nikmati ketika akan melakukan hiking ke Curug Cibeureum,

1. Hutan dengan Flora & Faunanya

Salah satu kelebihan curug cibeureum adalah letaknya yang berada di kawasan hutan Gede Pangrango, sehingga perjalanan menuju kesana sama dengan rute awal jika kita ingin mendaki Gede Pangrango. Semua suguhan hutan tropis dengan berbagai flora dan faunanya bisa Anda nikmati selama perjalanan.

hutan menuju curug cibeureum gede pangrango

Pepohonan di sepanjang jalan, bukanlah sembarang pohon. Karena pohon tersebut merupakan tanaman survival seperti begonia, suwangkung, dan korkolio. Ada pula tanaman obat seperti antanan yang dikonsumsi Jepang sejak 1818. Tanaman ini berkhasitat untuk menetralisir dan menghambat pembuluh darah. Lalu ada pula teh benalu, kali urat, teh putih, cantigi, anggrek liar, jamuju, rasamala dan lainnya.

Selain itu, banyak spesies hewan yang hidup di hutan ini seperti Surili (monyet asal Jabar), lutung, tupai, elang Jawa, macan dahar, babi hutan, meunceuk, dan lainnya.

2. Jalan Berbatu dan Jembatan Panjang

Daya tarik lainnya adalah jalanan berbatu dan jembatan panjang yang akan dilalui ketika akan berkunjung ke Curug Cibeureum ini. Meski terkesan biasa saja, namun karena di padukan dengan nuansa alam dan hutan rindang, menjadikan pemandangan yang luar biasa. Anda pasti tak akan melewatkan untuk berselfi ria saat melewati jembatan panjang yang akan Anda lewati di perjalanan.

jembatan ke curug cibeureum

3. Telaga Biru

Telaga Biru adalah telaga atau danau yang akan Anda lewati ketika akan berkunjung ke Curug Cibeureum. Luasnya sekitar 0,25 ha. Dinamakan Telaga Biru karena air di telaga bisa berubah warna menjadi hijau, biru dan kecoklatan karena ganggang yang tumbuh di sekitar telaga. Bagi anda yang kelelahan, anda bisa beristirahat di tempat peristirahatan yang sengaja dibuat pengelola hutan.

Telaga Biru Gede Pangrango

4. Canopy Trail

Canopy Trail Ciwalen atau lebih dikenal dengan Canopy Trail Cibodas ini sebenarnya bisa Anda nikmati juga dalam rute perjalanan ke Curug Cibeureum meski kita harus sedikit berbelok untuk bisa menikmatinya. Silahkan baca artikel lengkapnya tentang Canopy Trail Cibodas ini.

canopy trail ciwalen cibodas gede pangrango cianjur

5. Air Terjun Cibeureum

Yang terakhir tentu saja daya tarik utamanya adalah Air Terjun atau Curug Cibeureum itu sendiri. Rasa tenang menyeruak ketika angin menyapu air terjun dan membasahi wajah kita. Rasanya dingin dan sangat segar. Rasa lelah setelah hiking dengan jarak tempuh 2.7 Km dari pos tiket atau sekitar 45 menit – 1 jam dengan jalan santai terobati sudah.

curug cibeureum gunung gede pangrango

Disana kita bisa mencelupkan kaki kita di sungai-sungai kecil aliran Curug Cibeureum. atau bagi yang ingin berelaksasi, anda bisa berdiri beberapa menit di bawah air terjun. Biarkan air mendarat di kepala anda, maka kepenatan pun akan berganti dengan semangat baru.

Harga Tiket Masuk Curug Cibeureum

Untuk masuk ke areal Curug Cibeureum, Anda cukup mengeluarkan biaya sebesar Rp. 18.500/Orang. Jika Anda menggunakan layanan PAKET CAMPING MANDALAWANGI atau PAKET GOLF CAMP dari kami untuk pilihan paket 2 dan 3 sudah termasuk tiket air terjun Cibeureum atau Curug Cibeurum ini.

Jika Ada pertanyaan, jangan sungkan silahkan kontak kami.

Salam

mandalawangicibodascampground.com

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *