gunung pangrango tampak dari puncak gede

Gunung Gede Pangrango adalah sebuatan untuk dua buah gunung yang memang tak bisa dipisahkan yaitu Gunung Gede dan Gunung Pangrango. Rute pendakiannya pun sama, yang membedakannya adalah pada saat pendakian ke puncaknya saja. Gunung Gede Pangrango merupakan sebuah Taman Nasional yaitu Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP).

 

Taman Nasional Gunung Gede Pangrango merupakan salah satu dari lima taman nasional yang pertama kalinya diumumkan di Indonesia pada tahun 1980. Ditetapkan oleh UNESCO sebagai Cagar Biosfir pada tahun 1977, dan sebagai Sister Park dengan Taman Negara di Malaysia pada tahun 1995. Keadaan alamnya yang khas dan unik, menjadikan Taman Nasional Gunung Gede-Pangrango sebagai salah satu laboratorium alam yang menarik minat para peneliti sejak lama.

Yang Menarik dari Gunung Gede Pangrango

Mendaki Gunung selalu memberikan sensasi kesegaran, kesejukan dan juga kepuasan, begitu pula jika Anda mendaki Gunung Gede Pangrango. Tak bisa dilukiskan sepenuhanya oleh tulisan, gambar dan video sekalipun, Anda bisa merasakan sensasi sepenuhnya jika Anda mencoba mendaki Gunung Gede Pangrango ini.

peta gede pangrango
peta gede pangrango

Meski demikian, berikut kami gambarkan beberapa spot keindahan yang tak boleh Anda lewatkan jika Mendaki Gunung Gede Pangrango sebagai referensi yang kami rangkum dari berbagai sumber;

1. Flora dan Fauna

Menteri Pertanian pada tahun 1980 menyatakan bahwa luas Gunung Gede Pangrango adalah sekitar 15.000 hektar yang mencangkup 3 kabupaten yaitu Cianjur, Sukabumi dan Bogor. Nah kawasan Wisata Cibodas terletak di kabupaten Cianjur tepatnya di kecamatan Cipanas. Dengan area yang luas tersebut menjadikan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango merupakan sebuah ekosistem besar untuk habitat berbagai jenis flora dan fauna.

Taman Nasional Gunung Gede Pangrango memiliki keanekaragaman ekosistem yang terdiri dari ekosistem sub-montana, montana, sub-alpin, danau, rawa, dan savana.

flora gede pangrango

Ekosistem sub-montana dicirikan oleh banyaknya pohon-pohon yang besar dan tinggi seperti jamuju (Dacrycarpus imbricatus), dan puspa (Schima walliichii). Sedangkan ekosistem sub-alphin dicirikan oleh adanya dataran yang ditumbuhi rumput Isachne pangerangensis, bunga eidelweis (Anaphalis javanica), violet (Viola pilosa), dan cantigi (Vaccinium varingiaefolium).

Satwa primata yang terancam punah dan terdapat di Taman Nasional Gunung Gede-Pangrango yaitu owa (Hylobates moloch), surili (Presbytis comata comata), dan lutung budeng (Trachypithecus auratus auratus); dan satwa langka lainnya seperti macan tutul (Panthera pardus melas), landak Jawa (Hystrix brachyura brachyura), kijang (Muntiacus muntjak muntjak), dan musang tenggorokan kuning (Martes flavigula).

satwa fauna gede pangrango

Taman Nasional Gunung Gede-Pangrango terkenal kaya akan berbagai jenis burung yaitu sebanyak 251 jenis dari 450 jenis yang terdapat di Pulau Jawa. Beberapa jenis diantaranya burung langka yaitu elang Jawa (Spizaetus bartelsi) dan burung hantu (Otus angelinae).

Untuk lebih memahami flora dan fauna yang ada di Gunung Gede Pangrango, kami sarankan pada saat mendaki Anda didampingi oleh guide yang kompeten sehingga bisa menjelaskan rincian tiap flora dan fauna yang Anda temukan saat mendaki.

3. Telaga Biru

Danau kecil berukuran lima hektar (1.575 meter dpl.) terletak 1,5 km dari pintu masuk Cibodas. Danau ini selalu tampak biru diterpa sinar matahari, karena ditutupi oleh ganggang biru.

4. Air terjun Cibeureum

Air terjun yang mempunyai ketinggian sekitar 50 meter terletak sekitar 2,8 km dari Cibodas. Di sekitar air terjun tersebut dapat melihat sejenis lumut merah yang endemik di Jawa Barat. Lihat selengkapnya tentang AIR TERJUN ATAU CURUG CIBEUREUM.

5. Air Panas

Merupakan sumber air panas alami yang mengalir deras dan mengalir ke sungai. Bisa Anda nikmati sambil istirahat melepas lelah saat mendaki. Terletak sekitar 5,3 km atau 2 jam perjalanan dari Cibodas.

air panas gede pangrango

6. Kandang Batu dan Kandang Badak

Kandang Batu dan Kandang Badak ini merupakan spot untuk kegiatan berkemah dan pengamatan tumbuhan/satwa. Berada pada ketinggian 2.220 m. dpl dengan jarak 7,8 km atau 3,5 jam perjalanan dari Cibodas.

kandang badak gede pangrango

Dari Kandang Baru dan Kandang Badak ini, Anda bisa bisa melakukan hiking ke Puncak Gunung Pangrango atau melanjutkan mendaki ke Puncak Gunung Gede.

7. Puncak dan Kawah Gunung Gede

Panorama berupa pemandangan matahari terbenam/terbit, hamparan kota Cianjur-Sukabumi-Bogor terlihat dengan jelas, atraksi geologi yang menarik dan pengamatan tumbuhan khas sekitar kawah. Di puncak ini terdapat tiga kawah yang masih aktif dalam satu kompleks yaitu kawah Lanang, Ratu dan Wadon. Berada pada ketinggian 2.958 m. dpl dengan jarak 9,7 km atau 5 jam perjalanan dari Cibodas.

jalan di puncak gede

Disinilah tempat semua lelah pendakian terbayar tuntas dengan lukisan pemandangan alam yang maha sempurna karya Sang Maha Pencipta yang mengingatkan kita akan kebesaran-Nya dan untuk selalu bersyukur.

8. Puncak Gunung Pangrango

Nikmati keindahan yang tak bisa dilukiskan dengan kata-kata saat Anda berada di puncak Gunung Pangrango. Memiliki areal yang tidak terlalu luas karena bentuk gunung yang lancip sehingga tidak disarankan melakukan camping di Puncak Pangrango ini. Biasanya Puncak Pangrango dinikmati dengan hiking dari Kandang Badak.

puncak gede pangrango

9. Alun-alun Suryakencana

Spot favorit kedua setelah Puncak Gunung Gede yang merupakan hamparan padang rumput seluas 50 hektar yang ditutupi hamparan bunga edelweiss. Berada pada ketinggian 2.750 m. dpl dengan jarak 11,8 km atau 6 jam perjalanan dari Cibodas.

pemandangan alun alun surya kencana

Disini biasanya para pendaki Gunung Gede Pangrango melakukan camping atau berkemah sebelum turun gunung. Keindahan yang tak akan Anda temukan di tempat lain.

10. Bumi Perkemahan Mandalawangi Cibodas

Bumi Perkemahan Mandalawangi Cibodas atau Mandalawangi Cibodas Camping Ground adalah tempat berkemah dengan kapasitas 100-250 orang yang terletak tepat di Kaki Gunung Gede Pangrango. Baca selengkapnya tentang Mandalawangi Cibodas Camping Ground.

Itulah sekilas tentang Gunung Gede Pangrango dan beberapa spot menarik yang tidak boleh Anda lewatkan jika berkesempatan untuk mendaki Gunung Gede Pangrango. Bagi yang belum pernah mendaki sebaiknya mengikut sertakan guide yang berpengalaman. Info lebih lengkap bisa dilihat di PAKET PENDAKIAN GUNUNG GEDE PANGRANGO yang kami sediakan atau bisa juga lihat di JASA GUIDE & PORTER GEDE PANGRANGO untuk mempermudah acara pendakian Anda.

Jika Ada pertanyaan, jangan sungkan silahkan KONTAK KAMI dari tim mandalawangicibodascampground.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *