Kebun Raya Cibodas adalah salah satu tempat wisata yang paling populer di kawasan wisata cibodas. Berbeda dengan Mandalawangi Cibodas atau Gunung Gede Pangrango,  Kebun Raya Cibodas bisa dikunjungi oleh seluruh anggota keluarga yang hanya ingin menikmati keindahan kebun raya yang cukup legendaris ini.

Sejarah Singkat Kebun Raya Cibodas

Menurut wikipedia.com, Kebun Raya Cibodas (Cibodas Botanical Garden), terletak di Kompleks Hutan Gunung Gede Pangrango, Desa Cimacan, Cipanas, Cianjur. Topografi lapangannya bergelombang dan berbukit-bukit dengan ketinggian 1.275 m dpl, bersuhu udara 17 – 27 derajat Celcius.

Kebun ini didirikan pada tahun 1852 oleh Johannes Elias Teijsmann sebagai cabang dari Kebun Raya Bogor pada lokasi di kaki Gunung Gede. Dengan curah hujan 2.380 mm per tahun dan suhu rata-rata 18 derajat Celsius, kebun botani ini dikhususkan bagi koleksi tumbuhan dataran tinggi basah tropika, seperti berbagai tumbuhan runjung dan paku-pakuan.

kebun raya cibodas tempo dulu
kebun raya cibodas tempo dulu

Mulai tahun 2003, status Kebun Raya Cibodas menjadi lebih mandiri sebagai Unit Pelaksana Teknis Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Cibodas di bawah Pusat Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Bogor dalam Kedeputian Ilmu Pengetahuan Hayati Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

Sampai saat ini, Kebun Raya Cibodas – LIPI memiliki 10.792 koleksi tanaman, 700 jenis koleksi bill, dan 4.852 koleksi herbarium. Koleksi tanaman di Kebun Raya Cibodas – LIPI terbagi menjadi dua koleksi, yaitu koleksi di kebun dan koleksi di rumah kaca.

Koleksi tanaman di rumah kaca terdiri dari Anggrek (320 jenis), Kaktus (289 jenis) dan Sukulen (169 jenis), namun Anda juga dapat menemukan tumbuhan liar di dalam kebun. Sedangkan koleksi tanaman di kebun berjumlah 1.014 jenis, di antaranya tanaman khas dan menarik, seperti Pohon Kina (Cinchona pubescens Vahl) yang merupakan tanaman obat untuk mengobati penyakit malaria.

pintu gerbang kebun raya cibodas
pintu gerbang kebun raya cibodas

Kebun Raya Cibodas berlokasi di Desa Cimacan, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, atau tepatnya di Kompleks Hutan Gunung Gede Pangrango. Karena lokasinya berada di bawah area pegunungan, topografi yang paling khas dari kebun raya ini adalah berbukit-bukit dan bergelombang.

Kekayaan Alam Kebun Raya Cibodas

Selain terdapat sekitar 5.831 contoh tanaman dari hampir 1.206 spesies yang bisa kita nikmati, Kebun Raya Cibodas juga memiliki banyak spot yang dapat digunakan untuk berbagai aktivitas tempat rekreasi keluarga.

taman kebun raya cibodas
taman kebun raya cibodas

Anak-anak bisa bermain di taman yang terlihat begitu cantik dengan berbagai landskap yang bervariasi mulai dari hamparan padang rumput, pohon rindang bahkan ada taman yang dihiasi dengan pemandangan kolam yang indah.

Berikut adalah beberapa spot tempat wisata menarik yang bisa kamu kunjungi di Kebun Raya Cibodas selain hamparan taman yang indah,

1. Taman Paku

taman paku kebun raya cibodas
taman paku kebun raya cibodas

Sebagai kebun botani yang lebih fokus pada tanaman dataran tinggi basah tropika seperti paku-pakuaan pegunungan, runjung, dan tusam, Kebun Raya Cibodas pun sering dijadikan sebagai tempat penelitian.

2. Taman Lumut

taman lumut di kebun raya cibodas
taman lumut di kebun raya cibodas

Koleksi yang harus kamu intip tentu saja Taman Lumut Cibodas yang punya koleksi hampir 216 jenis lumut hati dan lumut yang hidup dengan baik di atas tanah seluas 1200 m2.

3. Taman Sakura

Seperti yang dilansir dari laman krcibodas.lipi.go.id. Di Kebun Raya Cibodas terdapat taman Sakura. Jadi tak perlu jauh – jauh ke Jepang untuk menikmati keindahan bunga sakura. Cukup ke Kebun Raya Cibodas saja.

bunga sakura di kebun raya cibodas
bunga sakura di kebun raya cibodas

Sakura ternyata bisa berbunga 2 kali dalam satu tahun, yaitu sekitar bulan Januari-Februari dan Juli-Agustus, suatu hal yang sungguh menakjubkan. Bunga ini mekarnya bisa bertahan sekitar 4 hari. Masa yang diperlukan sejak tumbuh kuncup hingga gugur bunga adalah sekitar 1 minggu.

4. Rumah Kaca

Rumah Kaca adalah tempat budidaya berbagai koleksi tanaman indoor Kebun Raya Cibodas untuk menjaga kondisi suhu ruangan agar sesuai dengan suhu di habitat aslinya. Seperti contohnya kaktus yang kebanyakan berasal dari daerah gurun.

rumah kaca kebun raya cibodas
rumah kaca kebun raya cibodas

Koleksi tanaman yang ada di rumah kaca Kaktus hingga saat ini berjumlah 98 jenis, koleksi Anggrek berjumlah 262 jenis dan koleksi sukulen berjumlah 71 jenis. Selain rumah kaca angrek, kaktus dan sukulen, ada juga rumah kaca pembibitan yang difungsikan untuk memperbanyak tanaman koleksi kebun raya.

5. Kebun Obat Herbal

Kebun Obat Herbal ini mulai dibangun dan diresmikan pada tahun 2005 atas Inisiator dari Mantan Kepala Sub Bagian Tata Usaha Kebun Raya Cibodas Didin Ahmad Nurdin, S.Si. (alm.). Kebun ini memiliki luas ± 3000 m2 dan dibangun untuk mengoleksikan berbagai tanaman obat yang berasal dari berbagai daerah.

antanan di taman obat kebun raya cibodas
antanan di taman obat kebun raya cibodas

Sampai saat ini terdapat ± 164 jenis tanaman obat yang dikoleksikan di Kebun Raya Cibodas. Berbagai contoh tanaman obat yang ada di Cibodas adalah Centella asiatica (L). Urb atau yang sering kita kenal dengan pegagan atau antanan konon katanya dapat digunakan sebagai obat peningkat daya ingat.

6. Bunga Bangkai

Peristiwa Mekarnya Bunga Bangkai pun ternyata ada di Kebun Raya Cibodas meski memang jarang terjadi.  Di Cibodas, bunga bangkai ini pertama kali mekar pada 2003 dengan tinggi mencapai 2,7 meter. Mekar kedua kalinya pada 2007 dengan tinggi mencapai 3,17 meter. Selanjutnya pada 2011 dengan tinggi 3,2 meter.

bunga bangkai di kebun raya cibodas
bunga bangkai di kebun raya cibodas

Dan yang terkahir Selasa, 8 Maret 2016.. Bunga bangkai koleksi Kebun Raya Cibodas mekar. Tinggi tanaman bernama latin Amorphophallus titanum ini mencapai 3,75 meter dengan luasan kelopak 170 sentimeter.

7. Air Terjun Ciismun

Setelah bosan melihat kekayaan berbagai tumbuhan yang indah, Anda dan keluarga bisa mengunjungi air terjun untuk bersenang-senang.

Air Terjun Ciismun adalah salah satu air terjun yang berada di Kebun Raya Cibodas dan banyak menarik wisatawan untuk berkunjung. Tak hanya wisatawan lokal, wisatawan mancanegara pun banyak yang berkunjung ke tempat yang indah ini terutama wisatawan dari Timur Tengah.

Curug Ciismun Kebun Raya Cibodas
Curug Ciismun Kebun Raya Cibodas

Air terjun atau dalam Bahasa Sunda dikenal dengan sebutan ‘Curug Ciismun’ ketinggannya mencapai 25 meter dan lebar di bawahnya mencapai 5 meter ini menyuguhkan pemandangan yang sungguh indah sehingga perjalanan yang cukup panjang terbayarkan.

Harga Tiket Masuk Kebun Raya Cibodas

Untuk menikmati segala keindahan Kebun Raya Cibodas di atas, Anda cukup membayar tiket satu kali saja.

Pada saat tulisan ini diposting, tarif tiket masuk Kebun Raya Cibodas sebesar Rp 9.500,- per orang,
Tiket kendaraan roda dua Rp 5.000,- per motor dan tiket kendaraan roda empat Rp 16.000,- per mobil. Semua tiket tersebut sudah termasuk asuransi jasa raharja putera.

Untuk hari kerja, kendaraan roda dua dan roda empat dapat dibawa masuk keliling kebun raya hanya saja untuk tanggal merah kendaraan roda dua tidak bisa dipakai keliling masuk kebun raya.

Harga tiket tersebut berlaku untuk hari kerja dan hari libur dan untuk wisatawan domestik maupun wisatawan asing harganya tetap sama.

Selamat menikmati keindahan Kebun Raya Cibodas yang sangat indah mempesona. Bagi yang ingin camping bisa memilih Mandalawangi Cibodas atau Bukit Golf Cibodas. Bagi yang ingin hiking atau mendaki, bisa menikmati Gunung Gede Pangrango.

Kawasan Wisata Cibodas memang komplit bagi Anda yang suka wisata alam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *